Si Bocah Lingkungan (Si BOLI)

0
148

Menunggu Hadirnya 
Buku Saku Anak Pendidikan Lingkungan
Penulis : Dharma Setyawan
Kartunis : Elly Agustina
Penerbit : Pena Hijau Publiser dan Komunitas Hijau Lampung

Si Bocah Lingkungan (Si BOLI)
“Aku dan Lingkungan Hidup”
1.      Mari Tanam Pohon.
Pohon adalah pelindung bagi makhluk hidup. Pohon yang tumbuh besar dan banyak dapat di temukan di Alam kita. Pohon yang jumlahnya banyak itu di sebut hutan. Hutan melindungi semua makhluk yang ada di dalamnya dari sengatan dan panas terik matahari. Pohon dapat menyaring pencemaran udara yang mengganggu pernapasan kita. Pohon juga dapat menjadikan udara menjadi segar dan sejuk. Aku suka menanam pohon agar lingkungan sekitar menjadi hijau. Pohon di hutan tidak boleh ditebang secara liar, karena bisa membunuh hewan yang ada di dalamnya dan  hewan tersebut akan punah.
2.      Ayo Buang Sampah Pada Tempatnya!
Sampah dapat menggangu pemandangan lingkungan. Sampah harus di buang pada tempatnya. Akibat sampah yang tidak terurus dapat menimbulkan kerugian banyak. Aku dan teman-temanku berusaha menjaga kebersihan. Aku membuang sampah di kotak sampah atau di lubang sampah. Aku membuang sampah dengan memisahkan sampah organik dan non organik. Sampah Organik adalah sampah yang dapat membusuk dan dapat di jadikan pupuk untuk tanaman. Sampah Non Organik adalah sampah yang tidak dapat membusuk dan ada yang dapat di manfaatkan kembali.
Dengan memisahkan sampah organik dan non organik kita dapat mengolah sampah dengan baik. Sampah harus dikelola dengan baik agar tidak merugikan. Akibat membuang sampah sembarangan dapat menyumbat saluran air dan mengakibatkan banjir. Karena Aku peduli lingkungan maka aku buang sampah dengan benar dan pada tempatnya!

3.      Hijau Bumiku!
Bumi harus kita jaga bersama-sama. Bumi menjadi tempat kehidupan semua makhluk hidup di atasnya. Bumi perlu dijaga bersama-sama dari kerusakan lingkungan. Bumi yang terhampar luas memiliki sumber daya alam yang bermanfaat bagi makhluk hidup. Ada hutan, laut, barang tambang, flora (tumbuhan), Fauna (hewan), dan kekayaan alam di dalamnya.
Di dalam hutan ada hewan yang di lindungi, satla liar yang indah dan langka. Hutan dapat menyerap air dan menahannya agar bumi tidak kering.. Di bumi ada laut yang membentang luas dan terdapat beranekaragam hewan laut yang sangat indah. Ada terumbu karang, rumput laut, ikan yang berjuta jenis dan bermanfaat bagi manusia.  Di dalam bumi ada barang tambang sebagai sumber daya alam yang sangat berguna bagi kehidupan manusia. Ada minyak, tembaga, emas, besi, gas, dan barang tambang lainnya. Aku akan menjaga bumiku dengan tidak merusaknya, tidak menebangi hutannya agar hewan disalamnya tidah punah. Aku cinta Hijau Bumiku!


   Sekolahku, Lingkunganku. 
Sekolahku tempat belajarku yang nyaman. Setiap aku dan kawanku selalu menjaga kebersihannya. Bersama teman-teman, aku berangkat pagi untuk membantu petugas sekolah menyapu halaman yang kotor. Di kelasku semua tertata, meja dan kursi tertata rapi, ada vas bunga di atas meja, lantainya  Di depan kelasku ada taman yang di penuhi dengan bunga-bunga. Selain itu juga ada kolam kecil yang terdapat ikan hias yang sangat indah. Aku dan teman-teman selalu menjaga kebersihan lingkungan. Sekolahku menjadi indah karena kami selalu menjaga dan memelihara kebersihan.
Di Pinggir Sekolah Ada pohon yang ditanam agar sekolahku menjadi hijau dan sejuk. WC di sekolahku juga sangat bersih. Kami di anjurkan Bapak dan Ibu guru untuk selalu menjaga kebersihkannya. Wc yang bersih tidak menimbulkan bau, semua itu agar nyaman bagi siapapun yang memakainya. Sekolah bersih membuat kami senang dan nyaman untuk belajar. Kebersihan adalah sebagian dari iman. Aku dan teman-temanku cinta kebersihan. Sekolahku semoga menang sebagi sekolah paling bersih. Sekolahku adalah lingkunganku.

5.      Mesin dan Polusi Udara.
Kota besar banyak pencemaran udara atau disebut Polusi udara. Hal ini akibat asap mesin industri dan mesin kendaraan bermotor. Pabrik-pabirik yang menjulang tinggi mengakibatkan polusi udara. Asap kendaraan bermotor mengakibatkan pernapasan kita tertanggu. Banyaknya polusi udara menyebabkan gangguan pernapasan makhluk hidup di bumi. Polusi udara juga berakibat pada semakin melebarnya lapisan Ozon dan membuat panas matahari semakin menjadikan bumi kita gersang akibat kemarau.
Polusi udara dari mesin sejak dini harus kita kurangi dengan melakukan gerakan sehat melalui jalan sehat atau bersepeda sehat. Dengan mengurangi penggunaan mesin bermotor kita dapat menghemat energi Bahan Bakar Minyak (BBM) yang harganya semakin tinggi. Penghematan BBM berguna bagi berkurangny apolusi udara yang mencemari lingkungan udara di sekitar kita. Aku ingin lingkunganku bebas polusi.  (bersambung….)

6.     

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here