TUAN DAN SAHABAT YANG MELAYANI

0
70

Sebut saja namanya Pak  Ibnu (nama samaran), beliau orang yang dikenal sangat baik dengan para tetangga. Dengan pekerjaan sebagai seorang pedagang Pak Ibnu terkenal karena kejujurannya.  Hidup yang dia jalani pun sangat sederhana padahal kalau mau dirinya bisa hidup mewah seperti orang-orang kaya lainnya. Pak Ibnu memiliki seorang kawan akrab yang dikenalnya sejak kecil. Kawan ini sampai hari ini masih bekerja kepada Pak Ibnu yang mempunyai usaha perdagangan yang dibilang sukses. Kawan kecil yang bernama Pak Joko telah setia menjadi tangan kanan Pak Ibnu hingga 40 tahun lamanya sejak 20 tahun umur Pak Ibnu merintis usaha. Pak Ibnu tidak pernah menganggap Pak Joko sebagai bawahan dalam pekerjaan tapi tetap dianggapnya sebagai sahabat karib hingga usia tua mereka yang sekarang mencapai 60 tahun.
Pak Ibnu memiliki seorang istri Bu Ratna yang baik dan sangat setia. Di rumah itu memang sangat sepi karena anaknya sudah berkeluarga. Masih ada satu orang yang sakit-sakitan bernama Mbok Lasmi yang sudah ikut Pak Ibnu sejak pisah dengan suaminya. Mbok Lasmi pisah dengan suami karena sering dipukul. Mbok Lasmi memang agak kurang dan terkadang terlihat stres sejak terakhir dilempar senter dari almunium oleh suaminya dan karena alasan itu Mbok Lasmi memilih untuk tinggal bersama keluarga Pak Ibnu. Dulu diusianya yang masih bugar sekitar 40 tahun-55 tahun Mbok Lasmi mengerjakan pekerjaan rumah di tempat Pak Ibnu seperti mengepel, mencuci, menyetrika baju. Dengan itu Mbok Lasmi masih bisa mengerjakan walau terkadang sering bengong karena efek dari penyiksaan suaminya dahulu. Mbok Lasmi sering mengeluh sakit kepala dan kadang sering lupa dengan apa yang akan dikerjakan.

Sekarang Pak Ibnu dan Mbok Lasmi sakit, keduanya memiliki sakit yang bermacam-macam atau sejenis komplikasi. Mulai dari diabetes, rematik, sakit pinggang dan ginjal. Dirumah itupun Mbok Lasmi dan Pak Ibnu setia dengan sakitnya. Bahkan Pak Ibnu dan Mbok Lasmi kerap buang air besar dicelana, dan hanya Ibu Ratna yang mau membersihkan badan dari kotoran Pak Ibnu dan mbok Lasmi karena pembantu yang ada tidak mau untuk hal yang satu ini. Bu Ratna dengan tulus melayani suaminya dan Mbok Lasmi yang dulu bekerja kepadanya. Pak Joko sahabat karib Pak Ibnu juga dengan setia setiap hari mengajak jalan-jalan Pak Ibnu dengan kursi roda bila jenuh di rumah. Pak Joko adalah sahabat yang tetap setia dan menjadi orang kedua yang mau melayani Pak Joko dalam keadaan sakit yang begitu hebat. Bu Ratna dan Pak Joko sampai hari ini membuktikan sebuah pelayanan terbaik sebagai seorang tuan dan sahabat yang selalu tulus meringankan kesusahan Pak Ibnu dan Mbok Lasmi. Teringat dengan Hadist yang diriwayatkan Abu Darda bahwa Rosulullah bersabda “Siapa yang menghindarkan orang lain dari kesulitan yang dihadapinya nanti Allah swt akan menghindarkan wajahnya dari api neraka di hari kiamat”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here